Penjaringan Kesehatan Siswa Tahun 2024

Penjaringan kesehatan merupakan rangkaian pemeriksaan kesehatan (skrining) yang dilakukan pada seluruh peserta didik yaitu kelas I - X  ( SD/MI-SMK).Kegiatan penjaringan kesehatan dilaksnakan oleh UPT Puskesmas Saptosari  mulai hari Rabu tanggal 21 Agustus 2024 sampai dengan Selasa tanggal 24 Agustus 2024. Hadir dari UPT Puskesmas Saptosari : Bapak Joko Kristianto, Ibu Dwi Bandiyah, Ibu Kurniawati Afien Azizah, Ibu Emi Kusrini dan Ibu Sudarsih.

Untuk SDN Krambilsawit Saptosari, kegiatan penjaringan kesehatan siswa terjadwalkan hari kamis tanggal 29 Agustus. Penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala dilakukan melalui :

  1. Pemeriksaan kesehatan menggunakan kuesioner. Kuesioner berisi pertanyaan mengenai riwayat kesehatan keluarga, diri, imunisasi dan perilaku terkait kesehatan lainnya. Kuesioner diisi oleh masing-masing peserta didik. Bagi peserta didik kelas 1-6 SD pengisian kuesioner ini dapat dibantu dengan orang tua/wali/guru.
  2. Pemeriksaan kesehatan secara fisik oleh petugas Puskesmas Pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh sekolah antara lain: pengukuran tinggi badan, berat badan, pemeriksaan ketajaman penglihatan dan pemeriksaan kebersihan diri (kuku, rambut) pemeriksaan kebugaran jasmani, pemeriksaan klinis seperti pemeriksaan gigi dan mulut, pemeriksaan telinga.

Hasilnya terdapat satu siswa yang dirujuk untuk pemeriksaan lebih lanjut ke puskesmas.


Kegiatan

Berita

Pengunjung

Flag Counter

Copyright © 2019 Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Gunungkidul